Tuesday, August 20, 2019

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN DARI “ANEMIA”



Foto: Penyuluhan dari Puskesmas Tanjung tentang "Anemia"


       Tanjung – SMPN 3 Tanjung kembali kedatangan para petugas kesehatan dari Puskesmas Tanjung, Lombok Utara. Bukan untuk mencari siapa yang sakit, melainkan memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan dari Anemia. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 10.00 WITA.

Foto : Siswa-siswi sedang mendengarkan penjelasan dari petugas kesehatan Puskesmas Tanjung


“Anemia merupakan salah satu penyakit dimana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.” Ujar salah satu pemateri dari Puskesmas Tanjung.

Anemia dapat dirasakan oleh siapa saja tanpa terkecuali pelajar. Bahkan para pelajar rentan terkena anemia. Apa penyebabnya? Karena pelajar lebih aktif dalam beraktifitas, terutama para pelajar putri karena selain banyaknya aktifitas di sekolah maupun di rumah mereka juga mengalami menstruasi. Faktor tersebutlah yang mengakibatkan para pelajar (remaja) lebih rentan terkena anemia.

Anemia dapat terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dengan tingkat keparahan sampai berat. Pengobatan kondisi ini bervariasi tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat dicegah dengan mengatur pola makan, diantaranya :
a.       Makan makanan yang kaya akan zat besi seperti daging sapi, kacang-kacangan dan lain sebagainya.
b.      Makan makanan yang kaya akan asam folat seperti buah-buahan, kacang hijau dan lain-lain.
c.       Makanan yang kaya akan vitamin B12.
d.      Makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin C.

0 comments:

Post a Comment