Wednesday, March 13, 2019

HARI KETIGA UTS SISWA “DISUGUHI" SOAL BAHASA INGGRIS DAN IPS




Geliat aktivitas pagi baru saja dimulai di SMP Negeri 3 Tanjung Rabu,13 Maret 2019.Siswa piket kelas tampak kompak mengadakan kebersihan di ruang kelas masing-masing.Mereka menyisir dan menyasar sampah-sampah kertas yang berserakan di ruanga,.berburu sampah kertas bekas soal ujian kemarin di sekitar kelas.

.Papan tulis juga jadi sasaran.Menghapus tulisan tentang ralat soal yang kurang jelas dalam pengetikan.

Lima menit kemudian bel manual berbunyi tanda masuk kelas.Siswa bergegas menuju kelas masing-masing.Empat Ratus empat puluh enam siswa siap menjawab soal mata pelajaran yang akan diujikan pada hari ketiga UTS.

Sejurus kemudian langkah-langkah kecil namun pasti para pengawas ujian menghampiri kelas sesuai jadwal. Para Pengawas ujian yang mengenakan seragam hitam putih ini masuk tepat waktu.Mereka disambut penghormatan berupa ucapan salam bersama dari para siswa.

Sebelum ujian dimulai prosedur tetap adalah berdoa.Doa awal pembelajaran senantiasa dilakukan sebagai  motivasi spiritual untuk mendapatkan keberkahan ilmu dan dimudahkan dalam menjawab soal ujian tengah semester.

Ujian hari ketiga siswa disuguhi soal Bahasa Inggris dan IPS.Jam pertama siswa menghadapi ujian Bahasa Iinggris.Jumlah soal bervariasi uraian 10 soal untuk kelas VII.Kelas VIII pilihan ganda sejumlah 20 Soal .Untuk siswa kelas IX menjawab 50 soal pilihan ganda.

Materi soal yang diujikan sesuai SKL yaitu Short functional text dan monolog text untuk siswa kelas IX.Materi UTS Bahasa Inggris kelas VIII adalah simple present dan present continous tense.Sedangkan kelas VII adalah tema It’s a beautiful day.

Jam kedua UTS dimulai pukul 10.00 Wita setelah rehat sejenak selama 15 menit.Materi IPS yang diujikan adalah ekonomi,sosiologi dan geografi.Bentuk dan jumlah soal sama dengan mata pelajaran yang sudah diujikan baru lalu.

Menanggapi ujian hari ketiga ini salah satu siswa Bayu Nara Putra mengatakan bahwa soal ujian Bahasa Inggris cukup mudah pasalnya bentuk soal pilihan ganda. “ Soal Mid Bahasa Inggris mudah ka nada teksnya.Jawaban tinggal dicari di teks”, ungkap siswa kelahiran Bengkoang ini.

Pendapat lain dikemukakan oleh Risno.Risno mengaku kesulitan dengan soal Bahasa Inggris.Menurut siswa kelas IX4 ini hampir semua butir soal dianggap sulit.
“Jumlah soal banyak dan sulit.Saya ndak mengerti artinya.Teksnya panjang”, ujar siswa yang di duduk di pojok belakang kelas ini.
Menurut pantauan penulis pelaksanaan UTS hari ketiga ini berlangsung lancar,aman,tertib dan terkendali.

0 comments:

Post a Comment