Saturday, March 2, 2019

UJIAN PAMUNGKAS SISWA IKUTI UJIAN PRAKTEK PJOK



Ujian praktek PJOK adalah ujian pamungkas yang diikuti siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Tanjung Sabtu 3 Maret 2019.Ujian praktek kali ini dimulai pukul 08.00 Wita.Sebelum ujian dimulai peserta ujian berkumpul di depan perpustakaan untuk mendengarkan arahan penting terkait dengan ujian.


Tim Penguji ujian Praktek PJOK yaitu Zulva Kartasasmita,S.Pd,Roni Paslah,S.Pd,Gunawan S,Pd.Salah seorang tim Penguji Roni Paslah,S.Pd dalam arahan singkatnya mengimbau kepada peserta ujian untuk bersungguh-sungguh mengikuti ujian.


“ Hari ini adalah hari yang menentukan nasib kalian,apakah lulus  atau tidak.Untuk itu saya harapkan kepada kalian untuk mengikuti ujian ini dengan sungguh-sungguh.Jangan asal-asalan”, jelas pria bertubuh jangkung kelahiran Batu Ampar ini.


Selanjutnya Beliau mengingatkan peserta ujian praktek khususnya ujian lari ini untuk menjaga ketertiban di jalan, tidak mengganggu tanaman apapun yang ada di rute yang ditempuh.Untuk ujian lari kali ini menempuh rute sepanjang 5 km.Rute yang ditempuh sama dengan rute ujian setahun silam yaitu start di SMP N3 Tanjung belok kiri- Karang Gebang- BTN- SMA 2 Tanjung- Pertigaan- Batu Ampar-Karang Nangka- finish di sekolah.


Terkait dengan materi ujian salah satu tim penguji Zulva Kartasasmita,S.Pd menjelaskan ada dua materi yang diujikan yaitu lari dan Atletik.Selanjutnya Pria kelahiran Prina Lombok Tengah ini menjelaskan aspek penilaian yaitu olah raga  atletik Siswaa mampu menempuh ,waktu 15 menit skor 5, waktu tempuh 20 menit skor 3, waktu tempuh 25 menit skor 1 ,waktu tempuh 30 menit skor 1.


Aspek penilaian olah raga senam lantai yaitu  : Rol Belakang sikap sempurna skor 4, sikap lilin skor 2, lompat harimau,meroda dan khayang.
Untuk ujian praktek lari sejumlah siswa mencapai finish dengan waktu tempuh nyaris mencapai target yang diinginkan. I Wayan Kembar Sudiarsana pelari pertama mencapai finish dengan waktu tempuh 15 menit,kedua Erick Saputra waktu tempuh 18 menit ,Ikhsan Nulhakim waktu tempuh 19 menit.Selanjutnya setelah rehat sejenak siswa mengikuti ujian praktek olah raga senam lantai.

Menanggapi ujian praktik PJOK khususnya lari salah satu peserta I Wayan Sudiarsana mengatakan bahwa ia telah mempersiapkan diri secara matang.Tiap pagi dan siang ia lakukan latihan lari  maksimal 20 menit.


Selama sepekan ujian praktek para peserta mengikuti ujian Pendidikan Agama,Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Prakarya,Seni Budaya,IPA terpadu dan PJOK.Kepada siswa yang tidak mengikuti ujian praktek sesuai jadwal maka akan mengikuti ujian susulan.

Ketua Panitia Ujian Nasional I Wayan Subadre,S.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa peserta Ujian tahun ini sebanyak 154 siswa dengan rincian 80 putra dan 74 putri.


0 comments:

Post a Comment