Tuesday, February 26, 2019

HARI KEDUA UJIAN PRAKTEK BERLANGSUNG LANCAR



Ujian Praktek hari kedua siswa diuji dua mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sesuai jadwal jam pertama ujian dilaksanakan pada pukul 07.30 Wita dengan mata pelajaran bahasa Inggris.


Ujian Praktek Bahasa Inggris dilaksanakan di ruang laboratorium IPA dengan Penguji I Sukradi, S.Sos, Penguji II Aptri Syaerulyatun, S.Pd. Materi uji  kali ini masih seperti setahun silam yaitu menyusun teks prosedur dan praktek membaca teks prosedur. Untuk ujian tahun ini disederhanakan yaitu tidak menyajikan jenis makanan pasalnya mempertimbangkan berbagai hal terkait efek domino dari gempa 7.0 magnitudo tahun silam.


Terkait dengan aspek penilaian ditentukan beberapa kriteria yaitu gramatikal, kosa kata, penampilan, kelancaran  dan  lafal. Teks prosedur yang diuji dikhususkan mengenai resep makanan dan minuman nusantara.


Salah satu peserta ujian Deni Rahman ketika diminta pendapatnya mengenai ujian praktek teks prosedur ini mengatakan bahwa cukup kesulitan dalam membuat teks prosedur dan dalam melafalkan kosa kata. ”cara membaca kata-katanya sulit. Lain tulisan lain bacaannya”, ungkapnya sembari menunggu giliran.

Ujian Praktek Bahasa Inggris usai pukul 10.10 Wita. Peserta rehat sejenak. Siswa memanfaatkan waktu istirahat dengan menikmati kudapan. Tepat pukul 10.30 Wita ujian Bahasa Indonesia dimulai. Ujian jam kedua ini siswa kelas IX melaksanakan ujian di kelas masing-masing.


Menurut salah satu tim Penguji Kunin Nasikah S.Pd ketika ditanya mengenai materi ujian praktek menjelaskan bahwa materi yang diuji adalah membuat surat resmi tentang permohonan izin mengadakan kegiatan memperingati hari sumpah pemuda di aula SMPN 3 Tanjung. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Pengurus OSIS SMPN 3 Tanjung. Sedangkan materi kedua adalah membuat majalah dinding (mading). Mading ini dibuat di kertas karton atau sterofoam. Tema mading yaitu  Hidup Sehat, Literasi Sekolah dan Perangi Narkoba. Untuk praktek mading dikumpulkan paling lambat 1 Maret mendatang.

Hari kedua pelaksanaan ujian praktek lancar, tertib dan terkendali. Para peserta ujian tampak berfikir keras merangkai kata menyusun kalimat yang baik dan benar sesuai kaidah bahasa baku. Ujian usai sekitar pukul 11.30 Wita.
.

0 comments:

Post a Comment