Wednesday, February 6, 2019

"MENULIS PUISI ITU MUDAH DAN ASYIK"



Jam pertama pembelajaran baru saja dimulai di kelas VIII3.Mata  pelajaran awal Bahasa Indonesia diajarkan oleh Fitriatiningsih,S.Pd.Materi kali ini siswa dibimbing menulis dan membaca puisi.Mengawali pembahasannya Alumnus Universitas Muhammadiyah Mataram ini memperkenalkan pengertian Puisi.


“Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata”, jelasnya.”Puisi mengungkapkan berbagai hal.Kerinduan,kegelisahan atau pengagungan kepada sang khaliq”, imbuhnya.


Selanjutnya ibu guru yang mengidolakan publik figur Siti Nrhaliza ini memaparkan unsur-unsur puisi yaitu a . majas dan irama, penggunaan kata-kata konotasi, kata-kata berlambang dan pengimajinasian dalam puisi.

Satu persatu unsur puisi dikupas tuntas.Majas dan irama meliputi bahasa kias yang menimbulkan kesan,bunyi yang teratur dan berulang.Konotasi berarti makna yang tidak sebenarnya dan lambang merupakan gambar,tanda,kata yang menyatakan maksud  tertentu.Pengimajinasian merupakan kata-kata yang menimbulkan khayalan.

Separuh jam pelajaran sudah terlampaui.KBM dilanjutkan dengan memperkenalkan puisi-puisi karya Penyair Nusantara.Puisi puisi itu antara lain Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono,Gadis Peminta-minta karya Toto Sudarto Bachtiar, Tengadah ke Bintang-bintang karya Dr.Ir Jujun S.Surjasumantri serta Puisi berjudul Doa karya Chairil Anwar.


Menurut wanita kelahiran Dompu  ini para siswa lebih banyak membaca puisi doa karya Chaeril Anwar.”Puisi doa karya chaeril Anwar paling banyak diminati siswa”, tukasnya disela-sela kesibukannya membimbing siswa praktek baca puisi

Lain halnya dengan Rio Pandita.Siswa yang duduk di pojok belakang ini mengatakan bahwa ia lebih suka menulis  dan membaca puisi karyanya sendiri.” Judul puisi saya kelas.Menulis puisi itu mudah dan asyik”,ujar siswa yang berasal dari Karang Gebang ini.

0 comments:

Post a Comment