Monday, February 11, 2019

SISWA KELAS IX 5 PRAKTEK MEMBUAT STRING ART


Raja siang menghampiri ubun-ubun.Panas mentari mengoyak ruang kelas IX-5. Gerah tak terhindarkan. Sesekali angin sepoi datang menawarkan kesejukan. Tapi panas semakin menyengat. Tak terasa keringat mengalir dari pelipis. Buku di tangan dikipas-kipas. Jam terakhir siswa belajar Prakarya. Guru mata pelajaran Prakarya diajarkan oleh Desak Putu Rina A.S.Pd.


Di tengah panasnya ruang kelas darurat guru muda ini menjelaskan materi dengan lugas dan detail. Materi kali ini adalah cara membuat string arts. String arts adalah seni senar yaitu menghubungkan titik-titik pada papan yang telah dipaku dengan benang yang berwarna warni.



Siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok membuat 1 buah string arts. Lembut gemulai jari jemari menarik benang kemudian dtambatkan ke sejumlah paku-paku yang dipatok pada sebuah papan kecil. Pandangan mata seperti focus kearah papan.Mereka mengerjakan kreasi ini secara bergiliran oleh anggota kelompok.Ada yang memegang papan agar tak bergerak. Yang lain memberikan gulungan benang yang akan ditambat ke paku. ”Kita ikuti pola. Polanya seragam tiap kelompok yaitu pola bunga kaktus”, tukas Raden Agung memberikan penjelasan.


Sementara itu Guru mapel  Prakarya Desak Putu Rina, S.Pd menghampiri kelompok demi kelompok sesekali memberikan arahan dan memastikan bahwa kerja kelompok sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Membuat string Art dengan media campuran ini cukup mudah dan sederhana. Berikut cara membuat string art :

Alat     : Palu dan gunting.
Bahan : Papan,paku , benang wol,pensil dan sketsa

Cara Kerja :

  1. Siapkan papan berukuran 20x 30 cm
  2. Tempel sketsa gambar pada papan,paku sketsa tersebut dengan menyisakan setengah tinggi paku.
  3. Ikat benang wol pada paku tersebut,jalin benang antar paku sampai selesai sesuai bentuk yang diinginkan.

0 comments:

Post a Comment