Friday, February 1, 2019

MATERI IMTAQ KALI INI KAJIAN QS. AT-TIN


Imtaq rutin diadakan di SMP Negeri 3 Tanjung Jumat 1 Februari 2019. Imtaq rutin ini diselenggarakan di dua tempat. Siswa Agama Islam menghadiri Imtaq di depan halaman sekolah. Siswa beragama Hindu menempati ruang Lab IPA.

Pelaksanaan Imtaq diawali dengan Pembacaan surat Yasin. Kemudian Muroja’ah oleh siswa. Kali ini murajoah AlQuran diisi oleh Perwakilan Siswa kelas VIII5 Yunda Dewi. Yunda menghafal surat Al-Alaq dengan suara merdu dan lancar. Siswa lain mendengar,menyimak dengan hening.Ayat demi ayat dilantunkan dengan suara merdu, fasih dan tajwid yang bagus. Surat al Alaq adalah surat ke 96. Arti Al-Alaq adalah segumpal darah.Surat ini terdiri dari 19 ayat yang membicarakan tentang asal kejadian manusia dan perintah membaca.

Selanjutnya  tausyiah disampaikan Muhammad Gafur,S.Pdi. Dalam tausyiah pria kelahiran Orong Ramput ini mencoba menafsirkan Quran Surat At-tin.Ayat yang menjadi kajiannya adalah ayat ke 4-6 bahwa sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.Kemudian kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (Neraka). Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh,maka baik bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.



Terkait dengan Penciptaan manusia dengan sempurna oleh Allah SWT Beliau menegaskan bahwa Iblis sangat cemburu dengan manusia.Karena manusia diciptakan dengan sebaik-baik rupa.”Bersyukurlah kepada Allah atas nikmat yang diberikan kepada kita.Kita diberikan wajah yang tampan,cantik indah dipandang”, ujarnya.”Tetapi rasa syukur itu harus dibuktikan dengan menjalankan amal saleh seperti rajin sekolah,membantu orang tua,rajin mengaji dan ibadah Shalat”, imbuh Pria  Alumni Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu ini.





“Sholat itu hukumnya wajib ain.Tunaikan seruan azan.Tinggalkan game,main layang-layang dan pekerjaan lainnya.Segeralah Sholat berjamaah ke masjid bagi laki-laki.Yang putri sholatlah di rumah.Sholat lima waktu ibarat kita mandi.Bila mandi  lima kali sehari maka kita akan senantiasa bersih”,pungkasnya mengakhiri taklim pagi.




Sementara itu di depan pintu gerbang sekolah sejumlah siswa membaca surat yasin didampingi guru BKdan Urusan Kesiswaan Zulva Kartasasmita,S.Pd.Siswa pembaca yasin ini para siswa terlambat mengikuti Imtaq.Hukumannya mendidik yaitu baca quran.”Lain kali datang lebih awal.Jangan terlambat.Bukan hanya baca quran sebagai hukuman tapi tugas lain menanti yaitu merapikan terpal dan wireless “, perintah urusan kesiswaan Zulva Kartasasmita,S.Pd.


0 comments:

Post a Comment