Monday, February 25, 2019

UJIAN PRAKTEK PERDANA DIHELAT DI SMP NEGERI 3 TANJUNG



Ujian Praktek Tahun Pelajaran 2018/2019 diadakan di SMP Negeri 3 Tanjung Senin, 25 Februari 2019. Ujian praktek hari pertama ini siswa mengikuti ujian Pendidikan Agama. Pendidikan Agama yang dimaksud adalah Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Hindu dan Agama Budha.


Siswa Agama Islam mengikuti 3 materi uji yaitu Mengaji, praktek tata cara wudhu dan Praktek kaifiat Shalat Subuh. Pelaksanaan ujian Praktek Agama Islam diadakan di ruang Laboratorium IPA dengan Penguji I Mujitahid, S.Ag dan Penguji II Muhamad Gapur, S.PdI.


Salah satu tim Penguji PAI Muhamad Gapur, S.Pd ketika ditanya terkait Materi ujian Praktek menjelaskan bahwa ada  tiga hal yang diujikan yaitu 1. Praktek wudhu yang benar dengan lafaz doa sesudah wudhu, 2.Membaca ayat quran dengan fasih dan benar, 3. Praktek sholat subuh lengkap dengan bacaan doa qunut.

Selanjutnya Pria kelahiran Orong Ramput ini memaparkan aspek penilaian Ujian Praktek PAI yaitu : untuk wudhu Rukun wudhu skor 4, lapz niat skor 3 Doa setelah wudhu 3 jumlah 10. Membaca Quran aspek yang dinilai adalah Makharijul huruf  skor 4, hokum bacaan tajwid skor 3 ,fashah/kelancaran skor 4. Untuk Ujian Praktek shalat aspek yang dinilai adalah rukun shalat skor 3, bacaan shalat skor 3,tuma`ninah skor 2 dan kerapian  skor 2.


Salah satu peserta ujian Agama Islam Khusnul Qinam ketika ditanya tentang  ujian praktek kali ini mengatakan bahwa ia mengalami kesulitan dalam praktek shalat subuh.” Saya baru hafal setengah dari bacaan qunut subuh”, ujarnya.Siswi yang berasal dari Telok dalem desa ini hanya melempar senyum ketika ditanya mengenai pelaksanaan shalat sehari-hari di rumah.

Sementara itu siswa beragama Hindu melaksanakan ujian praktek di ruang Perpustakaan lama.Tampak alat-alat upacara diatur rapi.Dua Penguji siap menjalankan tugas tahunan ini. Penguji I Ni Luh Sri Anggreni, S.Ag, Penguji II Dewa Putu Suarbawa, S.Pd.


Ni Luh Sri Anggreni, S.Ag ketika diminta penjelasannya mengenai ujian kali ini mengatakan bahwa materi yang diujikan adalah membuat canang sari,Puji Trisandya dan Panca Sembah.Di sela kesibukannya menguji para siswa Ibu yang bermukim di Pemenang ini menjelaskan aspek penilaian yaitu 1. Canangsari dinilai kelengkapan bahan,kerapian,keindahan,sesuai dengan arah Nawa Dewata.Puja Tri Sandya yang dinilai adalah sikap tubuh dan ketepatan mantram.Kramaning Panca Sembah yang dinilai posisi tangan dan ketepatan mantram.


Terkait dengan Materi ujian salah satu Peserta Wayan Budiasti mengatakan  bahwa materi yang diujikan tidak asing lagi pasalnya materi persembahyangan yang dilaksakanakan saban hari termasuk membuat canangsari. ”Buat canang itu mudah, kerjaan sehari-hari”, tandasnya sembari menunggu giliran ujian.


Pelaksanaan Ujian Praktek Agama Budha diadakan di ruang Perpustakaan lama. Penguji Ujian Praktek Agama Budha Dewi Kusumawati, S.Ag. Materi yang diujikan adalah Praktek Puja Bakti dan Lagu Buddhis.

Dari pantauan Penulis Pelaksanaan Ujian Praktek hari pertama ini berlangsung lancar, aman, dan tertib. Ujian Praktek perdana ini dimulai pukul 07.30 Wita.

0 comments:

Post a Comment