Thursday, February 7, 2019

PANITIA UTS, USBN DAN UNBK TERBENTUK DALAM RAPAT RUTIN DEWAN GURU





Rapat rutin Dewan guru dihelat di SMP Negeri 3 Tanjung Kamis, 7 Februari 2019. Rapat ini  diadakan di ruang Lab. IPA. Untuk pertama kalinya rapat bulanan digelar di ruang Lab.IPA pasca gempa 7.0 Magnitudo 6 bulan silam.


Rapat yang dimulai pukul 10.30 Wita ini dihadiri oleh Pengawas Pembina SMPN 3 Tanjung Munasip, S.Pd, Kepala SMP Negeri 3 Tanjung Ni Luh Tesi,S.Pd, Urusan Kurikulum Wayan Subadre, S.Pd, Urusan Kesiswaan Zulva Kartasasmita, S,Pd dan jajaran urusan lainnya serta Dewan Guru.

Kepala SMP Negeri 3 Tanjung dalam pengantarnya menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat datang kepada Pengawas Pembina yang hadir memenuhi undangan dalam rangka pembinaan terkait dengan Kegiatan Belajar dan Mengajar serta persiapan akreditasi bulan depan.

“Kami berharap Bapak sering-sering berkunjung ke SMPN 3 Tanjung untuk memberikan arahan, pembinaan demi  kemajuan sekolah”,  harapnya. Kepada seluruh jajarannya orang nomor 1 di SMP Negeri 3 Tanjung ini mengimbau supaya tetap menjaga etos kerja dan kinerja walaupun dalam keadaan sekolah yang fasilitas serba terbatas.


Terkait dengan kegiatan ekstra dan pengayaan yang sudah berjalan, beliau mengapresiasi tinggi kepada guru pembina ekstra dan pengayaan yang antusias dalam menjalankan tugas pembelajaran. Kegiatan ekstrakurikuler dan pengayaan terlaksana sesuai dengan rencana dan harapan.

Pada kesempatan yang sama Pengawas Pembina SMP Negeri 3 Tanjung Munasip, S.Pd dalam arahannya mengingatkan para dewan guru tentang tugasnya sebagai guru. ”Tugas guru itu adalah megajar dan mendidik. Guru adalah garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa. Didiklah anak-anak kita  dengan ikhlas dan jadilah panutan untuk siswa”, tandasnya. ”Tugas guru selain mendidik dan mengajar yaitu pendidikan karakter,literasi dan pengenalan soal HOTS”, imbuhnya.


“Mengajar adalah seni. Laksanakan tugas kita sebagai guru dengan rasa cinta. Bila tugas profesi diawali dengan cinta. Maka kita akan betah tinggal di kelas. Mudah-mudahan KBM di SMPN 3 Tanjung tetap berjalan lancar”, pungkasnya mengakhiri arahannya.

Berkenaan dengan semakin dekatnya USBN dan UNBK. Setumpuk tugas sudah menanti, dipandang perlu untuk menyusun Kepanitiaan Ujian Nasional. Maka pada sesi ini diadakan pembentukan panitia USBN dan UNBK. Disepakati dengan suara bulat (baca bukan lonjong) Ketua : Wayan Subadre, S.Pd, Wakil Ketua Zulva Kartasasmita, S.Pd, Sekretaris I Raden Azmi Abdullah,S.Pd, Sekretaris II Sukradi, S.Sos. Proktor Raden Azmi Abdullah, S.Pd, Teknisi Ade Suhandi, S.Pd. Sedangkan Pengawas UNBK disepakati Ni Luh Sri Anggreni, S.Ag, Marianto,S.Pd, Deni Sastrawan,S.Pd dan Denek Bini Hera, S.Pd. 


Untuk Pengawas USBN dan seksi-seksi lainnya akan diatur kemudian. Penyusun Naskah dan pengoreksian, penyusun soal teori dan ujian praktek diamanahkan kepada guru mata pelajaran sesuai mapel yang diampu. Untuk Pelaksanaan Ujian praktek kelas IX rencananya dimulai 25 Februari 2019 mendatang.

Terkait dengan persiapan akreditasi Tim akreditasi yang sudah terbentuk sebelum gempa itu tetap berlaku .”Tim akreditasi yang terdiri dari 8 koordinator sesuai standar itu untuk mengingat dan menghubungi anggotanya kembali”, imbaunya. Rapat padat agenda inipun diakhiri dengan sesi Tanya jawab. Rapat usai pukul 13.10 Wita.

0 comments:

Post a Comment