Monday, January 28, 2019

DUA PESERTA TIDAK IKUT TRY OUT 1 DI SMPN 3 TANJUNG



Try out pertama dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanjung Senin 28 Januari 2019. Menurut jadwal hari pertama try out mengujikan dua mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Peserta try out adalah kelas IX yang terdiri dari 5 kelas yakni kelas IX-1 hingga kelas IX-5.


Dari pantauan Penulis  terhadap peserta try out,  2 peserta tidak hadir tanpa keterangan. Kedua peserta itu adalah Widya Hasniani siswi kelas IX-4 dengan nomor peserta 90121 dan Imam S.Arifin siswa kelas IX-2 nomor peserta 90047. Sedangkan Peserta Ni Putu Sinta Meylani tidak bisa mengikuti try out di sekolah karena sakit. Siswi nomor peserta 90084 ini mengikuti uji coba di rumah.


Terkait dengan soal try out 1 ini bentuk soal pilihan ganda. Bahasa Indonesia 50 soal, Matematika 40 soal. Salah satu Pembina mapel Bahasa Indonesia  Kunin Nasikah, S.Pd  ketika diminta pendapatnya tentang materi soal Bahasa Indonesia mengatakan bahwa untuk try out kali ini sengaja memilih soal-soal yang sukar supaya siswa terbiasa. ”Butir soal nomor awal agak sulit dengan wacana lumayan panjang tapi nomor soal yang lain mudah-mudah “, tukasnya memberi informasi  disela kesibukannnya di meja kerjanya.


Salah seorang peserta Deni Rahman ketika diminta tanggapannya mengenai soal Bahasa Indonesia mengatakan, ”Alhamdulillah soalnya agak mudah,tapi lelah baca, teksnya panjang”, ujarnya. “Tadi malam belajar sebentar, listrik padam hingga pagi”, imbuh siswa kelahiran Karang Nangka ini.


Jam kedua try out mata pelajaran matematika dimulai lebih awal pasalnya hujan mengguyur dengan deras. Sejumlah kelas tergenang air. Kelas IX-5 terpaksa mengungsi. Try out dilaksanakan di selasar depan ruang guru  dan ruang lobi. “Kelas kami banjir Pak. Harus pindah  ke selasar”, kata seorang siswa yang tak mau disebut namanya sembari mengatur kursi persis di depan  ruang lobi. Menurut jadwal jam kedua dimulai pukul 10.30 - 12 30. Karena hujan pelaksanaan try out jam kedua lebih awal sekitar pukul 09.30.

0 comments:

Post a Comment