Wednesday, January 16, 2019

SEJUMLAH SISWA SMPN 3 TANJUNG "SERBU" PERPUSTAKAAN

Awan tipis selimuti langit SMP Negeri 3 Tanjung Kamis, 17 Januari 2019. Cuaca masih dingin. Derai air hujan sisa semalam mengalir pelan di pelepah daun palm. Jarum jam baru menunjukkan pukul 07.25 menit. Suara mikrofon dari ruang lobi sayup terdengar. Guru muda Raden Azmi Abdullah, S.Pd mengimbau siswa untuk mengikuti gerakan gemar membaca. Sontak Siswa pun merapat keselasar Perpustakaan yang menggunakan RKB akibat gempa 7.0 Magnitudo Agustus lalu.



Para siswa berebutan memburu buku-buku yang akan dibaca. Sejumlah dus buku yang berjejer rapi di atas meja “laris manis” dipinjam siswa. Para siswa yang lain antri menunggu giliran. Sementara sejumlah siswa yang sudah mengambil buku mencari tempat yang nyaman.

Buku-buku yang tersedia seperti kamus, ensiklopedi, buku keterampilan, mangemen,dan buku non fiksi lainnya. Sedangkan buku fiksi sangat terbatas sementara para siswa sangat suka membaca buku fiksi. Hal ini juga dikemukakan Penanggung Jawab Pengelola Perpustakaan  Kunin Nasikah, S.Pd. Menurut Beliau jumlah buku di perpustakaan sangat minim, anak-anak terkadang mengeluh buku yang ada kebanyakan buku paket, mereka ingin buku fiksi.
Selanjutnya Wanita kelahiran Nganjuk ini menjelaskan bahwa siswa tidak hanya membaca buku saja tetapi harus membuat sinopsis dari buku yang dibaca kemudian dikumpulkan untuk penilaian.


Salah seorang siswa bernama Osi ketika diminta pendapatnya tentang literasi mengatakan bahwa literasi ini sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Ketika ditanya mengenai buku yang ia suka, siswi kelas VII-2 ini menjawab dengan sangat antusias. ”Buku yang saya suka adalah kumpulan Puisi Sapardi Djoko Damono, walaupun sulit dimengerti tapi kata-katanya luar biasa”, ujarnya sambil memegang buku puisi yang berjudul Bhineka Tunggal Cinta”.


Selanjutnya siswi berbakat dan prestasi baik lokal dan Nasional ini mengatakan bahwa buku yang ada di Perpustakaan sekolah sangat minim terutama buku-buku fiksi.


0 comments:

Post a Comment