Wednesday, January 23, 2019

PERSIAPAN PELAKSANANAAN TRY OUT 1 HAMPIR RAMPUNG DI SMPN 3 TANJUNG


Pelaksanaan Try Out 1 semakin dekat. Tinggal menghitung hari. Tiga hari ke depan  semua harus terselesaikan dengan baik. Pekan depan soal sudah diujikan. Dua mapel sedang diedit yaitu Bahasa Indonesia dan IPA.


Kesibukan di meja editor soal mulai tampak. Dua computer, satu printer scanner siap menemani. Empat file soal mata pelajaran sudah diterima yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Seperti berpacu dengan waktu, salah satu editor soal Karnadi dengan cermat dan teliti memperhatikan setiap butir soal. ”Bahasa Indonesia sudah diedit kemarin di komputer Atun tapi pindah ke komputer sini jadi kacau”, ujarnya. ”Setelah dicek pengaturan kertas yang berbeda antara legal F4" imbuhnya.


Bukan hanya mencermati soal, tugas editor soal lainnya adalah Pengetikan  Identitas Sekolah, KOP Try Out, pengaturan kertas, merapikan gambar/table, otomasi pilihan ganda. Setelah soal diedit akan diprint masing-masing  mata pelajaran yang diujikan 1 eksemplar lalu diberikan ke guru mapel untuk dibaca kembali, diperiksa agar tidak ada salah ketik atau jawaban yang sama, soal yang kurang. Hal ini dilakukan untuk menghindari ralat yang terkadang membuat letih para guru untuk meralat dari kelas ke kelas. Atau untuk menghindari soal bonus yang dinanti-nanti siswa.


Jika soal tak ada masalah maka beranjak ke tahapan selanjutnya yaitu penggandaan. Bersyukur Riso sudah bagus. Penggandaan berjalan lancar. Penggandaan soalpun dilanjutkan dengan operator Artadi. Dua mata pelajaran sudah masuk amplop yaitu Bahasa Inggris dan Matematika. Bahasa Indonesia dan IPA sedang dipilih dan dipilah kemudian dijadikan dalam bentuk eksemplar.


Menurut SK Kepanitaiaan edisi revisi bahwa Susunan Panitia Persiapan Menghadapi Ujian Nasional bagian Try Out adalah Koordinator Dewi Kariani, S.Pd Pembina Bahasa Indonesia Kunin Nasikah, S.Pd, Pembina Bahasa Inggris Sukradi, S.Sos, Pembina Matematika Wayan Subadre, S.Pd, Pembina IPA Dewa Putu Suarbawa, S.Pd. Editing soal staf Tata Usaha yaitu Karnadi, Syahdianto, Supriadi dan Jannatul Firdaus.


Sedangkan untuk Penggandaan soal Mulyanto, Artadi, Ni Wayan Dwi Kartika S, A.Md, Nurhayati dan Sukardi. Jadwal try out sudah terselesaikan jauh hari oleh Koordinator  Dewi Kariani, S.Pd. Pelaksanaan try out dilaksanakan selama 2 hari yaitu 28 - 29 Januari 2019.


0 comments:

Post a Comment